PROPOSAL USAHA
BERKAR MUSLIMAH
Disusun
Oleh:
Tisa
Amalia R
28213924
4EB28
Dosen:
Rooshwan Budi Utomo
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
BAB
1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Tidak hanya makanan, pakaian juga merupakan salah satu kebutuhan pokok yang
sangat penting penuhannya bagi masyarakat. Kebutuhan sandang yaitu pakaian
adalah hal yang akan masyarakat berusaha penuhi. Oleh karna hal tersebut saya
akan membuka sarana bagi masyarakat dalam melakukan pemenuhan kebutuhan
tersebut.
Dalam melakukan sarana tersebut
hal yang akan saya lakukan adalah membuka usaha dalam bidang pakaian busana
muslimah yang memiliki prospek cerah dimasa mendatang. Hal itu dikarenakan
karna tingginya permintaan atas busana muslimah yang meninggkat pada setiap
tahunnya. Banyak diantara para wanita pada saat ini yang telah memilih
menggunakan busana muslimahnya untuk kegiatan sehari-hari mereka.
Oleh sebab itu saya
berinisiatif untuk membuka suatu usaha yang selalu up to date dan selalu dapat
memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan mempunyai fokus terhadap menjual pakaian
yang berkualitas tinggi dan tetap terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.
Berkah Muslimah ini didirikan dikarenakan oleh
semakin banyaknya permintaan untuk pakaian muslimah di masyarakat.
Permasalahan
Masih banyak diantara
masyarakat yang enggan menggunakan busana muslimah hal tersebut disebabkan
karena mereka berpikir bahwa busana muslimah dapat membatasi karier mereka dan
masih banyak perusahaan yang masih tidak menerima atau mengizinkan karyawannya
dalam menggunakan busana muslimah. Dan juga banyak yang berasumsi bahwa
menggunakan jilbab hanyalah hal yang kuno.
Solusi
Tenang saja, masih banyak perusahaan yang mengizinkan
karyawannya yang menggunkan busana muslimah dan malah banyak perusahaan yang
mewajibkan karyawannya dalam menggunakan busana muslimah. Jika kita yakin semua
jalan akan terbuka untuk karier kita. Dan juga busana muslimah pada saat ini
sanggat berkembang pesat, banyak model-model busana muslimah yang sudah
up to date dan trendy pada sekarang ini. Model-model yang tertinggal zaman akan
segera tersingkir dari pasar busana muslim.
Visi
Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan sehari-hari.
Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas
demi kepuasaan pelanggan.
BAB II
ASPEK PEMASARAN
Kondisi Pasar
Pada
saat ini kondisi pasar busana muslimah telah berkembang menjadi lebih pesat.
Dikarenakan banyaknya permintaan pasar terhadap busana yang menutupi aurat
tersebut. Hal itu disebabkan banyak
tokoh masyarakat yang biasanya menjadi panutan dalam hal berbusana telah banyak
yang menggunakan busana muslimah tersebut. Campur tangan dari sosial media juga yang
banyak mempengaruhi pemikiran masyarakat, dan tidak dapat dipungkuri bahwa
panutan terhadap orang tua masing-masing banyak yang mempengaruhi pemikiran
masyarakat pada sekarang ini. Pada saat ini tidak hanya karena peringgatan pada
hari besar islam tapi busana muslimah telah menjadi pakaian sehari-hari
masyarakat. Hal-hal tersebut sangat berdampak besar terhadap permintaan atas
busana muslimah pada sekarang ini.
Persaingan Yang Ada
Karena busana muslimah yang memiliki prospek
cerah di masa mendatang. Banyak para
pembisnis yang membuka karena berpikir dalam memperoleh keuntugan yang baik
tersebut. Banyak diatara mereka yang memiliki promosi besar-besaran untuk
menarik minat masyarakat dan juga mereka menggunakan akun dari pengguna sosmed
untuk memberikan penilaian positif untuk produk mereka hal tersebut sangat
berpengaruh besar terhadap pemikiran masyarakat dan produk mereka.
Segmen Pasar
Target konsumen saya adalah
semua golongan masyarakat dan semua tingkatan umur. Mulai dari anak-anak (3-12
tahun) remaja (13-19 tahun) dan dewasa.
Strategi
Pendekatan atau strategi yang digunakan adalah
melaui mulut ke mulut atau promosi sale yang akan diberikan kepada konsumen.
Analisis SWOT
Adapun analisis
SWOT
adalah
sebagai berikut :
1.
Strenght (Kekuatan Yang Mendukung Usaha)
1.
Masyarakat akan selalu memenuhi kenutuhan sandang
2.
Jumlah permintaan yang meningkat
3.
Menjual produk untuk semua kalangan masyaraka
4.
Banyak masyarakat yang akan selalu membutuhkan
5.
Harga terjangkau,banyak kalangan masyarakat bisa membeli
2.
Weakness (Kelemahan Yang Menghambat Usaha)
1.
Prokduknya mudah ditiru
2.
Tidak punya tempat luas untuk membuka tokonya
tersendiri
3.
Modal untuk membuat toko sendiri sangat besar
3.
Opportunity (Peluang Dapat Ditemukan)
1.
Omset penjualan selalu menaik
2.
Membuka toko tersendiri serta cabangnya
3.
Dapat pesanan dari pelanggan
4.
Dapat keuntungan yang baik atau naik/banyak
4.
Threat ( Ancaman Usaha )
1.
Banyaknya retur barang dari konsumen
2.
Kerusakan disebabkan oleh pihak ketiga
3.
Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang
harga lebih
murah
4.
Komplain pada konsumen
5.
Harga barang yang selalu naik
BAB III
ASPEK KEUANGAN
Modal Yang Dikeluarkan
Jenis Produk
|
Jumlah Tersedia
|
Harga
Beli/pcs
|
Jumlah
|
Gamis
Megantara
|
2 pcs
|
Rp 115.000
|
Rp. 230.000
|
Gamsi Brokat
|
4 pcs
|
Rp 100.000
|
Rp 400.000
|
Busana Muslim
Anak / Gamis Anak
|
3 pcs
|
Rp 75.000
|
Rp 225.000
|
Hijab
Segiempat
|
3 pcs
|
Rp 35.000
|
Rp 105.000
|
Hijab Segitiga
|
3 pcs
|
Rp 25.000
|
Rp 75.000
|
Mukena Dewasa
|
3 pcs
|
Rp 95.000
|
Rp 285.000
|
Mukena Anak
|
3 pcs
|
Rp 75.000
|
Rp 225.000
|
Transportasi
|
|
|
Rp 73.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp 1.418.000
|
Penjualan Yang akan dilakukan (Penerimaan)
Jenis Produk
|
Jumlah Tersedia
|
Harga
Jual/pcs
|
Jumlah
|
Gamis
Megantara
|
2 pcs
|
Rp 165.000
|
Rp 270.000
|
Gamsi Brokat
|
4 pcs
|
Rp 150.000
|
Rp 600.000
|
Busana Muslim
Anak / Gamis Anak
|
3 pcs
|
Rp 125.000
|
Rp 375.000
|
Hijab
Segiempat
|
3 pcs
|
Rp 45.000
|
Rp 135.000
|
Hijab Segitiga
|
3 pcs
|
Rp 35.000
|
Rp 105.000
|
Mukena Dewasa
|
3 pcs
|
Rp 135.000
|
Rp 405.000
|
Mukena Anak
|
3 pcs
|
Rp 120.000
|
Rp 360.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp 2.250.000
|
Nb: Harga dapat berubah sesuai dengan kondisi
pasar
Laba yang diperkirakan = (Jumlah Penerimaaan - Pengeluaran )
=
( Rp 1.418.000 – Rp 2.250.000)
= ( Rp. 832.000)
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
Manfaat Produksi
1. Menyediakan sarana bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dalam
berpakaian
2. Menjalankan ilmu bisnis yang telah diketahui dan dipelajari
3. Mengembangkan ilmu dalam berbusana muslim
Proses Produksi
Saat ini berkah muslimah tidak menjalankan proses produksi, tetapi
membeli produk yang telah jadi dan dijual kembali.
Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi atau kapasitas yang akan dijual tidak mempunyai skala besar-besaran
hanya kapasitas yang diperkirakan mencukupi.
BAB V
ASPEK MANAJEMEN
Struktur Organisasi
Berkah muslimah hanya memiliki 1 karyawan yaitu pemilik dan secara
langsung menjadi pengelolah yang menjalankan.
Rencana Operasi
Berkah muslimah berencana mengembangkan jumlah produk yang dijual dan
jika memungkinkan akan melakukan proses produksi sendiri.
BAB VI
PENUTUP
Kesimpulan
Seiring dengan perkembangan zaman, mahasiswa
dituntun memiliki keterampilan kewirausahaan yang baik agar nantinya dapat membuka
lapangan pekerjaan bagi orang lain. Oleh karena itu, dengan adanya mata kuliah kewirausahaan ini diharapkan dapat mengembangkan
minat dan kreativitas mahasiswa dalam menjalankan bisnis.
Maka dari itu untuk mendirikan
suatu usaha sebenarnya kita tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Yang terpenting dalam menjalankan
suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk maju dan kedisiplinan
menjalankan usaha.
terimakasih atas ilmunya Kak, sangat sangat bermanfaat...
BalasHapusSoftware Kasir Android Gratis